Beberapa Fakta Tentang UT yang Anda Harus Ketahui


Seperti selakyaknya hal lainnya Universitas Terbuka juga memiliki beberapa fakta yang cukup mengejutkan, saya sendiri juga sempat terkejut ketika pertama mengetahui fakta tersebut dan saya yakin para pembaca juga akan terkejut jika mengetahui fakta ini dan akan sedikit menepis pandangan miring mereka mengenai universitas terbuka, oke berikut ulasannya,

Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri.

Selama ini Banyak masyarakat yang beranggapan kalau UT adalah Perguruan Tinggi swasta, mungkin mengingat dengan sistemnya sendiri yang berbeda dengan sebuah perguruan tinggi pada umumnya di ikuti dengan namanya sendiri "universitas terbuka" terdengar tidak swasta kah ?. Tapi pada kenyataannya  Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Nah kalau pembaca masih belum percaya pembaca dapat mengeceknya ke situs Resmi Dikti.

Universitas Terbuka Termasuk dalam jajaran 10 besar Universitas dengan Pendaftar terbanyak di dunia.

Dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 460.000, Menempatkan Universitas terbuka pada urutan delapan, Universtas juga masuk dalam urutan ke 14 Universitas Terbesar dalam sebuah negara.

Universitas Terbuka adalah salah satu dari pendiri The Global Mega-University Network (GMUNET).

GMUNET atau dalam bahasa indonesianya  Jaringan Universitas Terbesar Skala Global  didirikan pada tahun 2003. jaringan universitas yang Anggotanya mempunyai jumlah mahasiswa yang terdaftar lebih dari 100.000 orang.

73,62% dari Mahasiswa Universitas Terbuka Adalah seorang guru.

73,62% atau sekitar 319.342 dari keseluruhan mahasiswa UT adalah Seorang Guru. Tentunya dengan sistem PJJ yang di usung oleh UT  memberi kemudahan kepada para Guru yang notabene tidak mempunyai kesempatan untuk mengikuti kuliah reguler.

Tak Ada Batasan latar belakang Maupun Usia bagi calon mahasiswa UT.

Sesuai dengan namanya , dan dengan tidak adanya batasan tersebut Universitas Terbuka membuka  peluang bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mengenyam pendidikan perguruan tinggi.

Tidak ada Tes Untuk masuk ke dalam Universitas Terbuka.

Ya, Universitas Terbuka memang benar - benar terbuka untuk yang satu ini, dan dengan tidak adanya ada tes untuk masuk ke dalam universitas terbuka membuka jalan alternatif bagi para remaja - remaja tamat SMA namun tidak lulus dalam seleksi masuk perguruan tinggi Regular.

Mahasiswa UT tidak hanya di Indonesia saja. 

Tidak hanya di Negeri kita ini. Universitas Terbuka juga mempunyai banyak mahasiswa yang berada di luar negeri. 



Jadi bagaimana, Terkejutkah anda ?

Sebenarnya Masih banyak lagi fakta yang mengejutkan mengenai UT, namun saya sendiri hanya bisa mengulas sampai disini namun bagi yang masih penasaran silahkan anda cari sendiri ke situs resminya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Terbuka
http://www.ut.ac.id/tentang-ut/ut-dalam-angka.html
http://www.ut.ac.id/


The Author

Kami dari mahasiswa UT, blog ini kami buat sebagai keikut sertaan kami dalan peringatan ulang tahun UT yang ke-30 sekaligus kegiatan disporseni. Semua artwork dan artikel yang ada dalam blog ini kami buat sendiri dan kami jamin keorisinilannya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar